Memahami alamat web

Memahami Alamat Web
World Wide Web adalah koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file.
Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan untuk berpindah dari satu halaman web yang lain hanya dengan klik. Ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke komputer remote, yang disebut server web, untuk men-download satu atau lebih file. Setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu.
Apa yang dari khas URL? Berikut adalah beberapa contoh :
http://belajar.kemdikbud.go.id/ Halaman Rumah Belajar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
http://www.facebook.com/pustekkom Halaman Facebook untuk Pusat Teknologi Informasi - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
ftp://rtfm.mit.edu/pub/ Sebuah direktori file di MIT tersedia untuk di-download.
news : rec.gardens.roses
Sebuah newsgroup dengan topik berkebun.
http://blogs.reuters.com/soccer Sebuah blog tentang sepak bola dari kantor berita Reuters
Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu. Sebagai contoh: http : dokumen hypertext atau direktori
ftp : file yang tersedia untuk di-download atau direktori file tersebut news : newsgroup
file : file yang terletak pada drive lokal komputer Anda. Bagian kedua biasanya adalah alamat komputer di mana data atau layanan berada. Bagian tambahan mungkin menentukan nama file, port untuk menghubungkan ke, atau teks untuk mencari dalam database

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Tabulasi Data

boks peralatan elektronika

Kalkulator mekanik