boks peralatan elektronika

boks peralatan elektronika
Semua peralatan elektronika dikemas dalam kotak kemasan yang bentuknya menarik & variatif. kotak kemasan tersebut dinamakan boks atau casing.
fungsi boks/casing tersebut, merupakan tempat untuk menempatkan semua rangkaian elektronika yang dipergunakan untuk membentuk peralatan elektronika tertentu.
casing pada umumnya dapat dibuat dari bahan alumunium/sejenisnya.
bentuk dari casing harus sesuai dengan ukuran rangkaian elektronika yang dibuat. casing terdiri dari casing utama & casing penutup
1. casing utama
casing utama adalah suatu wahana untuk menempatkan rangkaian elektronika yang terpasang pada PCB. PCB dipasang pada casing dengan menggunakan baut dan diberi bahan isolator. fungsi dari bahan isolator adalah untuk mencegah dan menghindari adanya hubungan singkat antara casing dengan rangkaian komponen yang tidak terpasang pada PCB seperti potensiometer, saklar lampu indiktor dll. pada umumnya dipasang atau ditempatkan pada casing utama bagian depan casing utama disebut panel depan dan bagian casing penutup disebut panel belakang.
2.penutup casing
penutup casing adalah suatu wahana yang berfungsi untuk melindungi semua rangkaian yang sudah terpasang pada casing utama. fungsi casing dapat memperindah bentuk casing secara keseluruhan.

Komentar

  1. Materi mudah dipahami dan dimengerti,jelas,singkat dan padat

    BalasHapus
  2. Materi mudah dipahami dan dimengerti,jelas,singkat dan padat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Tabulasi Data

Kalkulator mekanik