Pengertian Tabulasi Data

Arti tabulasi adalah :
Pengertian tabulasi
Tabulasi adalah penyusunan data ke dalam bentuktabel. Tujuan tabulasi adalah agar data bisa mudah disusun, dijumlah, dan mempermudah penataan data untuk disajikan serta dianalisa. Proses pembuatan tabulasi bisa dilakukan dengan metode tally, menggunakan kartu, ataupun menggunakan komputer.(Budiarto : 2002)Pengertian tabulasi data adalahpembuatan tabel yang berisikan berbagai data yang sudah diberi kode sesuai dengan analisis yang dibutuhkan. Macam macam tabulasi data antara lain (Hasan : 2006):
*.Tabel analisis yaitu tabel yang berisi informasi yang sudah dianalisa.
*.Tabel pemindahan, yang berfungsi sebagai arsip, yaitu tabel yang digunakan sebagai tempat untuk memindahkan kode dari pencatatan pengamatan atau kuisioner. Tabel ini berfungsi sebagai arsip.
*.Tabel biasa yaitu tabel yang disusun berdasarkan tujuan tertentu dan sifat responden tertentu.Pengertian tabulasi dalam statistik adalahsuatu metode deskripsi umum yang meliputi scoring (memberikan skor) terhadap berbagai item yang perludiberi skor, memberikan kode terhadap item-item apa saja yang tidak diberi skor, mengubah jenis data dan menyesuaikannya dengan teknik analisa yang dipergunakan serta memberikan cording (kode) jika data tersebut menggunakan komputer.(Arikunto : 1998)Pengertian tabulasi silangadalah tabulasi yang digunakan untuk melihat hubungan dari dua variabel atau lebih. Tabulasi silang ini menggabungkan distribusi frekuensi dari 2 variabel atau lebih sehingga dapat mencegah penarikan kesimpulan yang gegabah dalam memperkirakan suatu hubungan antar variabel.(Eriyanto : 1999)Pengertian tabulasi pada microsoft wordadalah pengaturan letak posisi kata ketika pengguna komputer menekan tombol Tab pada keyboard.Pengertian tabulasi gitaradalah bentuk alternatif dari partitur musik yang sifatnya relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan partitur musik pada umumnya. Tabulasi gitar menggambarkan enam buah senar beserta fretnya. Baris paling atas menandakan senar nomor 1 (senar paling bawah pada gitar), dan yang paling bawah menandakan senar nomor 6 (senar paling atas pada gitar).

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

boks peralatan elektronika

Kalkulator mekanik