NEGOSIASI

NEGOSIASI
Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. dalam negosiasi,pihak-pihak tersebut berusaha menyelesaikan perbedaan itu dangan berdialog.dialog ini dilaksanakan untuk menyelesaikan perbedaan kepentingan setiap pihak sehingga dapat ditemukan keputusan yang bisa menguntungkan kedua belah pihak
negosiasi dilakukan karena pihak pihak yang berkepentingan perlu membuat kesepakatan mengenai persoalan yang menuntun penyelesaian bersama .tujuan negosiasi adalah mengurangi perbedaan posisi setiap pihak .mereka mencari cara untuk menemukan butir-butir yang sama sehingga akhirnya kesepakatan dapat dibuat dan diterima bersama.sebelum negosiasi dilakukan , perlu ditetapkan terlebihdahulu orang-orang yang menjadi wakil dari setiap pihak . selain itu,bentuk atau struktur interaksi yang direncanakan perlu disepakati, misalny dialog langsung atau melalui mediasi .
A. ciri-ciri negosiasi
 1. negosiasi menghasilkan kesepakatan,baik kedua belah pihak saling sepakat maupun kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat .
 2. tiap-tiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingan nya masing-masing
 3. negosiasi merupakan saran untung mencapaia penyelesaian
 4.negosiasi bertujuan praktis,yaitu ,mencapai kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak
B. tujuan negosiasi
 1. memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan
2. mempersatukan perbedaan pendapat
3.menghindari kerugian.
C. negosiasi dapat dilakukan untuk berbagai kepentingan
 1. perdagangan
 2. pekerjaan
 3. peraturan
 4. konflik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Tabulasi Data

boks peralatan elektronika

Kalkulator mekanik